Artikel Life Style News Tajuk

16 Jurnal IAIN Curup Akan Go Internasional

LENTERAPUBLIK.COM – 16 jurnal Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup go internasional. Kampus yang terletak di kabupaten Rejang Lebong ini sudah mencapai mutu pendidikan yang berkualitas dan mampu bersaing dengan kampus-kampus yang ada di Propinsi Bengkulu. Salah satu mutu yang bisa menjadi alat tolak ukur ialah dari jurnal ilmiah yang di publish saat ini menuju akreditasi internasional, yang berati kampus IAIN ini akan bersaing di kanca internasional.

Dalam penyampaian nya pada Kamis (11/6), Kepala Pusat Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Hardivizon M.Ag mengatakan, bahwa tahun ini ada jurnal kita yang disiapkan untuk internasional. Dimana saat ini pihak kami dalam proses menyiapkan satu jurnal yang akan terakreditasi internasional.

“14 jurnal sudah terakreditasi nasional dari Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek), dari total16 jurnal yang dimiliki IAIN Curup. Jurnal ini sudah di diterbitkan sejak juni 2016, dimana IAIN Curup mulai menerbitkan jurnal secara online. Pada tahun 2016 ada 6 jurnal dan di 2017 bertambah 7 jurnal, sehingga total menjadi 13 jurnal. Dan hingga 2020, IAIN telah memiliki 16 jurnal ilmiah yang dapat diakses http://journal.iaincurup.ac.id” papar Hardivizon

Baca juga Lakukan Audiensi Dengan Rektor, Dema IAIN Curup Sampaikan Aspirasi Mahasiswa

Ia menambahkan, bagi yang ingin melihat bisa membuka web yang tertara di atas untuk memastikan kualitas dari jurnal IAIN curup.

Hingga Mei 2020, 14 dari jurnal yang dimiliki IAIN Curup telah terakreditasi nasional tersebut berikut daftar nya.

  • 3 jurnal dengan peringkat Sinta 2,
  • 4 jurnal dengan peringkat 3,
  • 6 jurnal dengan peringkat sinta 4, dan
  • 1 jurnal dengan peringkat Sinta 5. Sementara 2 jurnal yang belum terakreditasi dikarenakan belum berumur 2 tahun yang menjadi syarat jurnal ilmiah nasional.

Dari jumlah jurnal yang sudah terakreditasi, IAIN Curup Masih menunggu 2 jurnal yang masih dalam proses akreditasi karena masih menunggu syarat nya tercapai. Dan bukti bahwas IAIN Curup terus berkembang dengan pesat.

Ia juga menjelaskan bahwa tolak ukur terbaru bukan hanya dari akreditasi prodi, namun jurnal ilmiah juga menunjang mutu suatu kampus, maka jurnal ilmiah akan terus disiapkan untuk terakreditasi sampai menjadi jurnal internasional.

Baca juga Bupati Rejang Lebong Keluarkan SE Guna Persiapan New Normal

Sebagai informasi, IAIN Curup dipandang sebagai pionir kemajuan jurnal-jurnal ilmiah di provinsi Bengkulu. Dimana secara persentase IAIN Curup memiliki jurnal terakreditasi terbanyak.(Jul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *