lenterapublik
Artikel News

Akibat Corona, Usaha Fotografi dan Video Shooting Terpukul

LENTERAPUBLIK.COM – Entah sampai kapan wabah pandemi Covid-19 ini akan berlalu. Semakin hari, dampaknya semakin terasa. Selain dampak kesehatan, dampak ekonominya sudah mulai dirasakan oleh para pelaku usaha di Kabupaten Rejang Lebong.

Ada banyak pelaku usaha yang mulai “linglung” akibat pandemi corona ini. Salah satunya pelaku usaha yang paling terpukul adalah usaha fotografi dan video shooting. Bagaimana tidak terpukul, selama ini para pelaku usaha ini sangat menggantungkan penghasilannya dari hajatan atau pesta yang dilaksanakan oleh masyarakat. Entah itu, pesta pernikahan, akikah, sunatan atau ulang tahun. Namun, karena ada wabah covid-19 ini sekarang mereka sudah tidak bisa lagi bekerja.

Bahkan, jadwal job yang telah disusun jauh-jauh hari terpaksa dibatalkan. Harapan mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarga pupus sudah. Mulai dari kebutuhan makan, biaya listrik bulanan dan lainnya. Mereka sekarang kebingungan dan butuh solusi. Apalagi penghasilan mereka selama ini sangat bergantung dari usaha fotografi dan video shooting.

“Kami mendukung upaya pemerintah yang berusaha memutus rantai penyebaran covid-19 ini. Tetapi, kami juga sangat mengharapkan adanya solusi dari pemerintah, karena kami juga termasuk bagian masyarakat terkena dampak akibat covid-19 ini. Kami sangat terpukul. Bingung,” ujar Ketua Forum Ikatan Foto dan Video (IKATOVIDI) Kabupaten Rejang Lebong, Bagus.

Bagus tidak bisa membayangkan, kalau pandemi ini akan berlangsung lama. Karena itu, dia sangat berharap, situasi seperti ini segera berlalu, sehingga masyarakat bisa menjalankan aktivitas seperti sedia kala. Mengingat jumlah anggota IKATOVIDI yang menggantungkan penghasilannya di usaha ini sebanyak 90-an orang dan itu belum fotografer dan pelaku video shooting lainnya yang tidak bergabung dengan IKATOVIDI.

“Sambil kita menjalani hari-hari sulit ini, teruslah menjaga kesehatan dengan mencuci tangan, termasuk membersihkan kamera kita dengan alkohol supaya lebih steril dan menghindari diri dari keramaian,” demikian Bagus.(aka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *