News

Berhasil Lolos Masuk Ke Lebong, Warga Riau Diburu Tim Gugus Covid-19 Lebong

LENTERAPUBLIK.COM – Meskipun telah membuka pos penjagaan ternyata masih membuat masyarakat yang mudik memaksa untuk bisa pulang ke kampung halaman nya.

Diketahui Sudung Manurung (49), warga Jalan Dedap Raya Gang Gereja RT 004 RW 001, Desa Pandau Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar Provinsi Riau, mendapat sorotan banyak pihak karena berhasil masuk ke Kabupaten Lebong, Minggu (10/5).

Perhatian banyak pihak tersebut di anggap hal yang wajar bagi banyak orang. Mengapa tidak, kedatangan Sudung riskan terhadap upaya pencegahan penularan Covid-19 di Kabupaten Lebong.

Baca juga : Sebelum Covid-19 Toko Pakaian Sudah Sepi Pembeli

Sebab, dia berasal dari zona merah penyebaran Covid-19 yakni Provinsi Riau. Dilansir dari newsdetik.com, per Minggu (10/5/2020), jumlah positif Covid-19 di Provinsi Riau sudah mencapai 73 orang.

Mengetahui informasi tersebut, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lebong mengambil tindakan segera dan bergerak cepat. Senin (11/5) pagi, tim gabungan telah melacak keberadaannya. Sudung terdeteksi menginap di salah satu hotel di Kecamatan Lebong Utara.

Tetapi upaya sigap tersebut terbilang telat, pasalnya saat tim gabungan mengecek ke hotel, Sudung sudah check out. Begitupun saat berkoordinasi dengan pihak Kantor Pertanahan Nasional Lebong, tim gabungan gugus tugas Covid-19 Lebong juga tidak berhasil menemui Sudung. Versi pihak Kantor Pertanahan, Sudung datang ke Lebong tanpa koordinasi sama sekali.

Baca juga : Akibat Keluar Larut Malam, Kucing Ini Ditangkap Polisi.

Kapolres Lebong AKBP Ichsan Nur S.IK mengatakan, selain melakukan penyisiran (Sweeping) ke hotel-hotel, Senin (11/5). Saya langsung menuju ke Posko Covid-19 Lebong di perbatasan Lebong-Rejang Lebong tepatnya di Desa Bioa Sengok. Dan Posko Covid-19 perbatasan Lebong-Bengkulu Utara, tepatnya di Desa Tik Tebing. Di Posko Covid-19. Dalam kunjungan tersebut Kapolres Kabupaten Lebong memberikan pengarahan kepada petugas yang berjaga.

Ichsan Nur juga menegaskan, bagi warga yang akan masuk ke Kabupaten Lebong terkait dengan pekerjaan, maka tidak diperbolehkan bermalam di Lebong. Kemudian, harus membawa hasil Rapid Test.

“Akan kita kawal sampai ke lokasi pekerjaan supaya tidak berinteraksi yang tidak perlu dengan masyarakat. Selesai pekerjaan, apakah sore atau malam, akan dikawal kembali keluar Lebong. Kalau mau bebas tinggal lama, wajib bawa hasil Swab,” tegas Kapolres.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Lebong Fakhrurrozi SSos MSi membenarkan bahwa Gugus Tugas Covid-19 Lebong telah mencari Sudung Manurung.

“Kita sudah mensweeping hotel-hotel lain yang ada di Lebong, siapa tau Sudung pindah tempat menginap. Tapi, tidak ketemu. Siang ini, kita sudah dapat kepastian bahwa Sudung sudah pergi dari Lebong,” kata pria yang biasa disapa Rozi.

Di tempat terpisah, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Lebong Ir Kristyan Edy Walujo melalui Kasi Penataan Pertanahan Tabri Z SSos ST mengatakan, Sudung adalah pimpinan KJSKB (Kantor Jasa Surveyor Kadaster Berlisensi) dari Provinsi Riau.

Baca juga : Usaha Jasa Transportasi Bagai Mati Suri

KJSKB yang dipimpin Sudung memenangkan tender proyek pengukuran PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) di Kabupaten Lebong, untuk tiga kecamatan. Yakni Kecamatan Topos, Rimbo Pengadang dan Lebong Selatan.

Kata Tabri, pihak Kantor Pertanahan Lebong sama sekali tidak mengundang Sudung untuk datang ke Lebong terkait urusan pekerjaan.

“Mungkin dia (Sudung) datang ke sini meninjau anak buahnya yang berada di Topos dan Rimbo Pengadang, untuk melihat sejauh mana progres pekerjaan. Memang, ada anak buah Sudung yang dari luar Lebong, tapi masuknya ke Lebong sebelum Covid,” ujar Tabri.

Dia membenarkan bahwa sekitar pukul 13.05 WIB, Senin (11/5) siang, sudah meninggalkan Lebong.

“Sudung sendiri sudah menelpon, info terakhir dia sudah berada di Linggau,” pungkas Tabri.

One Reply to “Berhasil Lolos Masuk Ke Lebong, Warga Riau Diburu Tim Gugus Covid-19 Lebong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *