News

Berikan Perlawanan, Pelaku Curanmor Dilumpuhkan Timah Panas

LENTERAPUBLIK.com SELUMA – Anggota Kepolisian jajaran Polres Seluma Polda Bengkulu berhasil mengamankan satu pelaku kejahatan yang beraksi di wilayah Kabupaten Seluma. Yakni pelaku tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

Dalam aksi penangkapan terhadap pelaku yang diketahui bernama Ansori (20) warga Desa Batu Tugu, Kecamatan Talo Kabupaten Seluma. Anggota Kepolisian Sat Reskrim Polres Seluma terpaksa harus melumpuhkan tersangka dengan hadiah timah panas. Hal tersebut dilakukan lantaran saat upaya aksi penangkapan. Pelaku sempat memberikan perlawanan kepada petugas dan berusaha untuk mengelabui petugas.

“Iya mas, tersangka ssempat melakukan perlawanan dan berusaha untuk mengelabui petugas. Sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur,” sampai Kapolres Seluma, AKBP Swittanto Prasetyo, S.Ik melalui Kasat Reskrim, Iptu Andi Ahmad Bustanil, S. Ik saat dikonfirmasi.

Dalam Press Conference langsung dipimpin oleh Kapolres Seluma, AKBP Swittanto Prasetyo, S.Ik dengan didampingi oleh Kabag Ops, Bakit Eko Hadi Suseno, SH, MH dan Kasat Reskrim, Iptu Andi Ahmad Bustanil, S. Ik. Dikatakan Kapolres, kronologis penangkapan terhadap pelaku (tersangka) berawal dari Pengaduan masyarkat (Dumas) yang diterima oleh Polres Seluma, tentang kehilangan satu unit epeda motor jenis Honda Astrea dengan NoPol BD 3723 An yang telah terjadi pada Rabu (24/6) di Kelurahan Dermayu, Kecamatan Air Periukan.

Dari Dumas tersebut lah, selanjutnya unit Pidum Satreskrim Polres Seluma di Back Up oleh Tim Opsnal melakukan penyelidikan. Serta koordinasi dengan unit Reskrim jajaran Polres Seluma di dalam upaya pengungkapan terhadap pelaku. Dari hasil penyelidikan yang dilakukan, anggota Unit Pidum Satreskrim mendapatkan informasi tentang ciri- ciri sepeda motor yang hilang di Kelurahan Dermayu. Jika sepeda motor tersebut berada di Desa Batu Tugu yang dikuasai oleh terduga pelaku.

“Dari informasi tersebut lah. Anggota langsung melakukan pendalaman,” terang Kapolres Seluma, AKBP Swittanto Prasetyo, S.Ik.

Selanjutnya unit pidum Sat Reskrim Polres Seluma di Back Up Team Opsnal menindaklanjuti informasi tersebut. Dengan langsung menuju ke Desa Batu Tugu, guna untuk mengamankan terduga pelaku. Pada Rabu (14/7) sore sekira Pukul 16.30 wib. Anggota berhasil  lmengamankan satu ) unit Sepeda Motor jenis Honda Astrea.

Hanya saja saat berusaha diamankan, terduga tersngka berusaha melakukan perlawanan dan berusaha untuk mengelabui petugas. Sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur

“Saat ini pelaku beserta BB sudah berhasil kita amankan. Tersangka kita kenakan Pasal  363 Ayat ( 1 ) Ke  5 KUHP. diancam kurungan penjara selama 7 (tujuh) tahun penjara,” tegas Kapolres.

Ditambahkan Kapolres, adapun Modus Operandi (MO). Yakni pelaku mengambil sepeda motor yang terparkir di lahan kebun kelapa sawit korban dengan cara merusak kunci kontak menggunakan satu bilah pisau (lading). BB yang diamankan satu Unit sepeda motor Honda Astrea No Pol BD 3723 AN, satu Lembar STNK sepeda motor Honda Astrea, BPKB Sepeda Motor, satu Buah Paku alat yang digunakan untuk membuka jok atau bagasi sepeda motor, satu Bilah pisau (lading) dan satu buah tas samping warna biru merek adidas.(air)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *