News

Dukcapil Seluma Himbau Lansia Tidak Dulu Rekam E-KTP Di Masa Covid-19

LENTERAPUBLIK.COM – Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Seluma menghimbau masyarakat yang sudah lansia untuk dimasa pandemi Covid 19 ini, agar tidak terlebih dahulu melakukan perekaman E-KTP. Mengingat umur 40 tahun keatas itu rentan tertular wabah Covid 19.

Kepala Dinas Dukcapil Seluma, Irzani mengatakan masyarakat yang melakukan perekaman E-KTP itu yang betul-betul penting, seperti pengurusan sekolah, urusan ke BPJS Kesehatan dan lain-lain yang memang sangat urgen mengggunakan E-KTP. Terutama anak-anak muda yang mau melanjutkan sekolah.

“Untuk lansia, kami berharap untuk bersabar terlebih dahulu. Karena kita tidak menjamin peralatan kami bebas dari virus covid 19. Walaupun sudah kami semprot dan kami sesuaikan protokol kesehatan, mengingat lansia sangat rentan tertular Covid 19,”kata Irzani.

Baca juga Hari Ini pelayana BPKB kabupaten seluma Kembali Dibuka

Lanjut Irzani, dalam melakukan pelayanan perekaman E-KTP, petugas pelayanan tetap menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). Serta alat perekam yang diletakan didepan pintu masuk kantor Dukcapil, hal ini untuk mencegah masyarakat berkerumun dan berintraksi langsung, baik sesama masyarakat maupun pegawai dukcapil itu sendiri. Sedangkan untuk menghadapi New Normal, dukcapil seluma berecana akan memesan APD untuk seluruh petugas pelayanan dan ASN Dukcapil.

“Iya untuk petugas pelayanan kita wajib menggunakan APD. Rencana untuk New Normal nanti kita siapkan seuruhnya menggunakan APD, mengingat nanti kantor kita buka kembali seperti biasa. Saat inj kita baru ada 4 unit APD,”ujar Irzani.

Ditambahkannya, Saat ini walaupun pandemi Covid 19 dan Kabupaten Seluma sudah Zona Merah, Dukcapil Seluma tetap melaksanakan pelayanan kepada masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan, baik melalui online maupun manual.

Baca juga Dewan Lunasi Temuan BPK

“Pelayanan dokumen kependudukam tetap kita layani, baik secara online maupun manual. Hanya saja, apabila secara manual masyarakat tetap kita minta mengikuti protokol kesehatan, cuci tangan, menggunakan masker, “tegas Irzani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *