News

Hujan Deras, Seluma Dilanda Musibah Bencana Alam, Banjir, Jalan Putus Hingga Longsor

LENTERAPUBLIK.com SELUMA – Hujan lebat (Deras) yang sempat mengguyuri wilayah Kabupaten
Seluma, pada Selasa (23/6) sore hingga malam hari. Sempat mengakibatkan dampak musibah bencana alam yang terjadi di beberapa titik wilayah Kabupaten Seluma. Seperti, musibah banjir, jalan putus hingga musibah tanah longsor yang juga terjadi di wilayah Kabupaten Seluma.

Data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seluma. Setidaknya musibah banjir yang sempat melanda Kabupaten Seluma menyakibatkan puluhan rumah warga terendam banjir dan puluhan hektar perkebunan warga yang juga ikut terendam pada musibah banjir yang terjadi pada Selasa malam sekitar pukul 19.30 wib.

“Dari data yang telah kita terima. Untuk titik musibah bencana banjir terjadi di wilayah Desa Tanjung Agung, Pasar Seluma dan Kelurahan Talang Dantuk. Jalan amblas di wilayah Kelurahan Sembayat dan Jembatan amblas di wilayah Kelurahan Puguk,” sampai Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Seluma, Arben Muktiar, M.Si melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Pauzan Aroni, SE saat dikonfirmasi .

Dikatakan Pauzan, musibah bencana yang melanda wilayah Kabupaten Seluma disebabkan hujan deras dengan intensistas tinggi hingga lebat yang hujan wilayah Kabupaten Seluma sekitar pukul 17.00 sampai dengan malam hari. Hal tersebut mengakibatkan rumah warga terkena banjir, serta jalan lintas dari Bengkulu-Manna dan sebaliknya terkena banjir dengan ketinggian air kurang lebih 30 cm – 100 cm.

“Cuaca dari BMKG, cuaca curah hujan di sertai Petir pada saat itu dengan suhu : 23-31°C, kelembapan : 70-95%, kecepatan angin : 40 km/jam, arah angin : Utara, secara visual : Hujan di sertai Petir,” ujarnya.

Untuk musibah banjir yang terjadi di wilayah Kelurahan Talang Dantuk merendam sekitar 10 rumah warga, Desa Tanhung Agung merendam sekitar 9 rumah warga. Sedangkan untuk di wilayah Desa Pasar Seluma banjir merendam badan jalan.

Untuk musibah jalan amblas terdapat di jalan menuju Kantor Camat Seluma Selatan yang berada di Kelurahan Sembayat. Serta jembatan yang kembali amblas kembali terjadi di Kelurahan Puguk, Kecamatan Seluma Utara.

“Tak ada korban jiwa dalam musibah ini. Hanya saja mengakibatkan dampak kerugian material,” terangnya.

Ditambahkan Pauzan, apa bila terjadi hujan deras kembali di daerah Kabupaten Seluma yang cukup lama. Maka tidak kemungkinan besar kembali akan terjadi banjir susulan.

“Kita juga telah menyalurkan makanan Siap Saji untuk korban banjir, Pakaian untuk korban banjir, Perbaikan jalan amblas di Kelurahan Sembayat dan jembatan di Kelurahan Puguk,” tambahnya.(man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *