News Uncategorized

Pelatihan Dinkes Hari Kedua, Eko : Peran Media Penting Untuk Masyarakat

LENTERAPUBLIK.COM – Pelatihan peningkatan kapasitas jurnalis tentang Covid-19 yang digelar oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu, Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Kominfosan) kembali dipercaya mengisi materi. Kali ini, Plt Kepala Dinas Kominfosan Eko Agusrianto memberi materi pada sesi siang hari di Aula Kodim 0407 Bengkulu, Minggu (7/6/2020).

 

Saat memberikan materi, Eko Agusrianto mengatakan bahwa peran media sangat penting dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

“Dalam tatanan kehidupan normal yang baru, media berperan aktif untuk mengedukasi masyarakat. Termasuk juga berperan dalam mengawal pelaksanaan protokol kesehatan,” ujar Eko.

Disampaikan Eko, peran media saat ini juga sangat strategis, baik itu media pemerintah maupun media massa yang telah tersebar luas saat ini.

Baca juga : Tingkatkan Kapasitas Jurnalis, Dinkes Kota Bengkulu Selenggarakan Pelatihan

“Sebagai corong dan sarana komunikasi masyarakat, peran media sudah terbukti jelas sangat dibutuhkan dalam memberikan informasi kepada khalayak luas,” ujar Eko.

Dalam masa Covid-19 ini, kata Eko, media masa harus memberikan informasi yang akurat, akuntabel, terpercaya dan transparan. Tujuannya, agar masyarakat memahami tujuan informasi yang disebarluaskan.

“Dimasa pandemi Covid-19, saya berharap semua media massa memberikan infomasi kepada masyarakat sesuai kebutuhan, mulai dari memberitakan pentingnya pemahaman Covid-19 dan lain-lain. Informasi seperti inilah yang dibutuhkan masyarakat agar masyarakat memahami pentingnya penanganan Covid-19 ini,” tambah Eko.

Baca juga : Bersiap Terapkan New Normal, Dinkes Kota Bengkulu Ajak Terapkan Protokol Kesehatan

Ia menambahkan bahwa media harus saling bersinergi dalam menangani Covid-19 ini.

“Media harus menyampaikan hal-hal positif yang bersifat membangun, mengedukasi masyarakat seperti memberitahu bahwa pemerintah, kelompok komunitas, instansi swasta dan lainnya sama-sama berperan dalam menangani Covid-19 di Kota Bengkulu ini, seperti pembagian mie dan beras (rasmie) hal ini sebagai upaya agar masyarakat tetap di rumah agar penyebaran Covid-19 tidak berjalan secara massif dan dapat dicegah. Hal seperti ini yang harus kita bangun agar semua pihak termotivasi ingin ikut serta memerangi Covid-19,” tuturnya.

Selain itu, Eko juga menginginkan peran strategis media dalam penerapan kehidupan new normal nantinya.

“Dalam menyambut kehidupan new normal ini, diharapkan peran strategis media guna memberikan informasi yang bersifat mendidik bagi masyarakat. Untuk itu kita harus bersama-sama memerangi Covid-19 ini dengan saling bersinergi dalam berbagai hal sebagai upaya membangun kembali sektor ekonomi kita,” demikian Eko.

Sebagai informasi, pelatihan ini ialah pelatihan hari kedua yang diselenggarakan Dinkes Kota Bengkulu.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: