News

Pilgub Bengkuku Masih Menunggu Pengesahan 2 PKPU Pilkada

LENTERAPUBLIK.COM – Sudah memasuki bulan Juni tetapi hingga saat ini Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Bengkulu masih menunggu pengesahan 2 Peraturan KPU (PKPU) terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pasca penundaan masa pandemi Covid-19 yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 nanti.

Irwansyah, S. Sos selaku Ketua KPUD Provinsi Bengkulu menjelaskan bahwa 2 draft PKPU tentang tahapan dan penyelenggaraan Pilkada serentak masih dalam pembahasan di KPU pusat.

“Jadi kami belum bisa berkomentar terlalu dalam mengenai tahapan dalam penyelenggaran Pilkada serentak karena masih menunggu keluarnya 2 PKPU tersebut,” pungkasnya.

Baca juga Pilkada Di Tengah Pandemi, Efektifkah?

Kedua PKPU tersebut ialah PKPU tentang tahapan pelaksanaan Pilkada serentak sudah memasuki tahap harmonisasi di Kemenkum-HAM yang kemudian akan disahkan menjadi Undang-Undang.

Kemudian PKPU tentang penyelenggaraan Pilkada serentak dimasa pandemi covid 19 sangat berbeda dengan PKPU sebelumnya. Dahulu setiap tahapan ada diatur tersendiri dalam PKPU. Nah itu Pilkada serentak kali ini  semua tahapan dijadikan satu PKPU dan saat ini tengah memasuki tahap uji publik di KPU pusat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *