News

Polda Bengkulu Siagakan 5 Pos Perbatasan Untuk Larang Pemudik Masuk

LENTERAPUBLIK.COM – Meningkatkan penjagaan pasca mendekat waktu mudik Polisi Daera (Polda) Bengkulu melaksanakan kegiatan Operasi (Ops) Ketupat Nala 2020 selama 37 hari, dari Kamis 24 April 2020 kemarin hingga 31 Mei 2020.

Kegiatan Ops Ketupat Nala ini disiagakan  di 5 pos diperbatasan  untuk memantau para pemudik yang akan masuk ke Bengkulu.

Ketika di wawancara wartawan pada Sabtu (25/4), Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Sudarno menyampaikan, kita telah dirikan 5 pos yang nantinya akan memantau aktivitas di perbatasan pintu masuk ke Provinsi Bengkulu, apabila kita temukan pemudik akan langsung kita suruh putar balik sesuai dengan Permenhub.

“Setelah dikeluarkannya Permenhub tersebut seluruh aktivitas transportasi angkutan orang baik darat, laut, maupun udara semuanya harus dihentikan guna memutus mata rantai penyebaran Covid – 19,” Jelas Sudarno

Baca juga : Putus Mata Rantai Penularan Covid-19, Bandara Fatmawati Soekarno Ditutup Sementara

Ia juga dengan tegas mengungkapkan bahwa Polda dan jajaran akan sepenuhnya mendukung kebijakan tersebut serta akan melakukan tindakan tegas apabila menemukan pelanggar – pelanggar yang masih nekat melakukan aktivitas mudik.

“Pihak Polda Bengkulu juga mengimbau agar masyarakat tidak melakukan mudik selama ada pelarangan mudik. Hal ini untuk mendukung pencegahan penyebaran Covid-19 dari wilayah lain ke Bengkulu atau dari Bengkulu ke wilayah lain, sehingga diharapkan wabah Covid – 19 segera berakhir,” imbau Kabid Humas Polda tersebut

“Jika wabah berakhir, kita semua bisa beraktivitas seperti sediakala,” sambung Sudarno.

Sudarno menambahkan, pelaksanaan Ops Ketupat Nala yang di gelar kali ini lebih menitik beratkan mendukung program pemerintah dalam penanggulangan memutus mata rantai penyebaran Covid – 19 dan mencegah aktivitas mudik masyarakat sesuai dengan instruksi dari pemerintah melalui peraturan Menteri Perhubungan No 25 Tahun 2020 tentang pengendalian Transportasi selama musim mudik Idul Fitri 1441 H dalam pencegahan penyebaran Virus Covid – 19.

Adapun 5 posko Ops Ketupat Nala yang dibentuk ialah terletak di wilayah :

  • Curup-Lubuklinggau
  • Kepahiang-Lintang Empat Lawang
  • Manna-Pagar Alam
  • Kaur-Lampung
  • Mukomuko-Sumatera Barat

“Pelaksanaan Operasi Ketupat Nala tahun ini sepenuhnya mendukung program pemerintah mengenai penanggulangan dan memutus mata rantai penyebaran Covid – 19, serta melaksanakan kebijakan pemerintah melalui menteri perhubungan untuk mengantisipasi aktivitas mudik,” tutup Sudarno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *