News

Polsek Seluma Bekuk Residivis Curat, Terlibat Lima TKP

LENTERAPUBLIK.com SELUMA -Anggota Kepolisian jajaran Polsek Seluma Polres Seluma Polda Bengkulu, kembali berhasil mengungkap terduga pelaku kasus pencurian dengan pemberatan (Curat) yang beraksi di wilayah Kabupaten Seluma. Terduga pelaku (Tersangka) yang berhasil dibekuk yakni diketahui bernama M.Rio Rizki alias Rio (20) warga Desa Sukarami, Kecamatan Seluma Selatan. Tersangka diketahui juga merupakan seorang residivis dalam kasus yang sama.

“Kegiatan Polsek Seluma Polres Seluma ini, berawal dari laporan masyarakat atas nama Bima diterima oleh unit Reskrim Polsek Seluma. Dari laporan anggota melakukan penyidikan, hasil penyelidikan anggota mendapatkan informasi seseorang ingin menjul laptop. Tim langsung melakukan Under Cover di jembatan Kelurhan Lubuk Kebur. Dari situlah anggota berhasil mengungkap pelaku,” sampai Kapolres Seluma, AKBP Swittanto Prasetyo, S.Ik melalui Waka Polres, Kompol Napoleon, SH saat pelaksanaan Press Conference di Mapolres Seluma.

Dalam pelaksanaan Press Conference tersebut dipimpin oleh Waka Polres Seluma, Kompol Napoleon, SH. Dengan didampingi oleh Kabag Ops, AKP Bakit Eko Hadi Suseno, SH, MH, Kapolsek Seluma, AKP Agus Norman, SH, MH. Dikatakan Waka Polres, kasus tersebut terungkap berawal dari pengaduan masyarakat (Dumas) tentang kehilangan 1 unit laptop yang diterima oleh Polsek Seluma. Dari laporan tersebut, team opsnal Polsek Seluma langsung lakukan lidik dan pada saat itu team opsnal Polsek mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada seorang Laki-laki yang mau menjual 1 unit laptop yang tidak memiliki kelengkapan yang sah (bodong).

Setelah mendapatkan informasi tersebut team gabungan opsnal melakukan undercover untuk membeli laptop dri tersngka. Sehingga sat berada di jeembatan Kelurahan Lubuk Kebur, team opsnal bertemu oleh tersangka dan langsung dilakukan pengamanan.

“Langsung kita amankan beserta 1 unit Laptop ASUS warna PUTIH yang dibawa oleh terduga tersangka. Setelah itu team langsung mengecek atau mencocokan 1 unit laptop ASUS warna putih yang mau dijual oleh tersangka dengan Dumas sebelumnya. Namun tidak cocok dengan Dumas yang diterima Polsek Seluma sebelumnya,” terangnya.

Selanjutnya tesm opsnal Polsek Seluma langsung mengintrogasi terhadap terduga tersangka. Dimana terduga tersngka mengatakan bahwa dirinya mendapatkan Laptop tersebut di daerah Tanah Lupis, Kelurahan Pasar Tais. Pada saat itu team opsnal menghubungi Pemilik laptop ASUS warna putih dimaksud dimana team opsnal mendapatkan nomor handphone pemilik laptop tersebut dari isi data laptop.

“Saat dihubungi nomor pemilik laptop mengatakan memang benar 1 unit Laptop Merk ASUS warna putih miliknya telah hilang di curi pada Sabtu (11/7). Disinilah Team opsnal langsung mengamankan terduga tersngka dan korban membuat Laporan Resmi ke Pihak Kepolisian,” tegasnya.

Selanjutnya team opsnal Polsek Seluma kembali Melakukan introgasi terhadap terduga tersngka. Pada saat itu terduga tersngka juga mengakui telah melakukan beberapa dugaan Tindak Pidana pencurian lainnya diwilayah hukum Polsek Seluma. Yakni di kantin atau Warung Belakang Kantor KPU telah terjadi pada hari Minggu (5/7) sekira pukul 02.00 Wib. Berdasarkan Laporan Polisi LP/B-167/VII/2020/Bengkulu/Res Seluma/Sek Seluma tanggal 13 Juli 2020.

Terduga tersangka juga melakukan tindak pidana pencurian 1 buah gitar di Kelurahan Pasar Tais, berdasarkan Dumas Pelapor ke Polsek. Terduga tersangka juga melakukan tindak pidana pencurian uang sebesar Rp. 300.000 di Kelurahan Padang Merbau, namun Korban tidak melaporkan ke Polsek.

  1. “Tersangka terlibat di Lima TKP. Tersangka juga merupakan seorang Residivis. Dalam kasus ini tersangka kita kenakan pada Pasal terapkan pasal 363 ayat ke 1 dan 5 ancaman 7 tahun penjara,” tambah Kapolsek Seluma.(air)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *