Virus Corona
Artikel News

Rumah Sakit Khusus Pasien Virus Corona Resmi Beroperasi

Lenterapublik.com – Sarana observasi, penampungan, serta karantina buat pengendalian virus corona ( covid- 19) ataupun Rumah Sakit(RS) Darurat Corona di Pulau Galang ataupun tepatnya di Kelurahan Sijantung, Kecamatan Galang, Batam, Kepulauan Riau, mulai beroperasi hari ini, Senin(6/4/2020).

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat( PUPR), Danis Hidayat Sumadilaga. Menyatakan pembukaan rumah sakit ini bakal diresmikan langsung oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I( Pangkogabwilhan I) Laksamana Madya Tentara Nasional Indonesia(TNI) Yudo Margono.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Pengendalian virus Corona (COVID- 19) Provinsi Kepulauan Riau, Tjetjep Yudiana menyatakan 3 klaster tersebut adalah Klaster Orang Tanpa Gejala( OTG), Pasien Dalam Pengawasan( PDP) serta ICU buat pasien positif COVID- 19. Klaster OTG untuk 260 kamar, Klaster PDP sebanyak 100 kamar, serta 20 kamar ICU untuk pasien positif COVID- 19. Walaupun begitu rumah sakit ini belum dapat menerima pasien.

“ Untuk saat ini, rumah sakit ini belum bisa melayani pasien, karena pihak pengelola rumah sakit masih melaksanakan penyesuaian. Termasuk uji fungsi bermacam perlengkapan kedokteran dan uji tugas tenaga kedokteran tersebut di setiap bagian yang dipersiapkan,” kata Tjetjep saat dihubungi, Senin( 6/ 4/ 2020).

Tjetjep berkata untuk melaksanakan penyesuain serta uji fungsi bermacam perlengkapan media dan uji tenaga kedokteran perlu waktu sekitar satu minggu ke depan.

Walaupun begitu tampaknya, sekitar 50 tenaga kedokteran serta paramedis yang jadi sukarelawan siap diterjunkan. Kementerian Kesehatan juga akan mengirimkan sekitar 100 tenaga kedokteran dan paramedis untuk memperkuat SDM di Rumah Sakit Galang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *