News

Sat Resnarkoba Polres Seluma, Ungkap Dua Pengedar Sabu

LENTERAPUBLIK.com – Anggota Kepolisian Sat Resnarkoba Polres Seluma berhasil mengungkap jaringan pengedaran barang Narkotika golongan satu jenis Sabu-sabu yang beraksi di wilayah Kabupaten Seluma. Dimana satu dari dua pelaku pengedaran barang Narkotika golongan satu jenis sabu-sabu yang berhasil diamankan oleh anggota Sat Resnarkoba Polres Seluma, diketahui merupakan seorang perempuan yang diketahui berinisialkan IS (36) pekerja swasta warga Desa Tumbuan, Kecamatan Lubuk Sandi. Serta seorang laki-laki yang diketahui berinisialkan RS (28) warga Kelurahan Kandang, Kota Bengkulu.

“Untuk ke dua tersangka diamankan di KPT yang berbeda, jadi ada dua TKP. Satu TKP nya di Desa Tumbuan yakni IS. Kalau tersangka RS diamankan di Kota Bengkulu, yakni di Kelurahan Kandang,” sampai Kapolres Seluma, AKBP Swittanto Prasetyo, S. Ik.

Adapun kronologis penangkapan terhadap ke dua pengedar barang Narkotika golongan satu jenis sabu-sabu tersebut bermula. Saat anggota unit lapangan Sat Resnarkoba Polres Seluma melakukan Under Cover Buy. Yakni, melakukan transaksi pemesanan barang Narkotika kepada IS. Pada saat itu, setelah berada di Desa Tumbuan, kemudian tim Sat Res Narkoba langsung melakukan penangkapan terhadap IS yang diduga sebagai pengedar.

Barang bukti narkotika golongan 1 jenis sabu – sabu sebanyak 2 paket 

Pada saat dilakukan pengeledahan terhadap IS, anggota menukan Barang Bukti (BB) berupa barang Narkotika golongan satu yang diduga jenis Sabu-sabu. Yakni sebanyak dua Paket yang di bungkus dengan plastik bening lis merah yang di balut dengan kertas tisu warna Putih. Sabu-sabu tersebut disimpan di dalam Kotak Rokok Sampoerna.

“Kalau BB yang berhasil kita amankan dua paket kecil dari satu tersangka perempuan. Kemudian dua paket sedang dan ditambah dua paket kecil yang kita amankan dari tersangka yang peria. Seluruhnya jenis sabu,” terang Swittanto.

Usai melakukan oengamankan terhadap IS anggota langsung menggelandang IS ke Mapolres Seluma, untuk menjalani oemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan, upaya pengembangan yang dilakukan oleh anggota Sat Res Narkoba Polres Seluma. Berdasarkan keterangan IS bahwa barang narkotika tersebut didapatkan dari seseorang. Selanjutnya, anggota Sat Res Narkoba langsung melakukan pengembangan.

Dari hasil pengembangan, diketahui bahwa Narkotika jenis Sabu tersebut didapat dari RS di Kota Bengkulu. Setelah diketahui ciri-ciri dan alamat. Anggota langsung menuju tempat kediaman RS. Anggota langsung melakukan pengeledahan di rumah RS.

Dari hasil penggeledahan, anggota menemukan BB barang Narkotika golongan satu jenis Sabu-sabu sebanyak tiga paket yang di bungkus plastik putih bening lis merah yang ditutup dengan dua buah speker. Selanjutnya kedua orang Tersangka tersebut langsung dibawa ke Mapolres Seluma, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Kalau dijual untuk perpaket kecilnya, ini dijual dengan harga Rp 300 ribu. Dimana untuk IS juga merupakan pemakai,” ujarnya.

Sementara itu untuk keterlibatan pihak lain, saat ini masih dalam proses pengembangan oleh anggota Sat Res Narkoba Polres Seluma. Guna untuk memastikan adanya keterlibatan jaringan Lapas atau tidaknya.

“Untuk selanjutnya, saat ini masih dalam proses pengembangan,” pungkas Kapolres.

Atas perbuatan yang telah dilakukan terhadap ke dua tersangka. Tersangka dikenakan pada Pasal 114 KUHP. Tentang penyalagunaan barang narkotika.

Sementara itu menurut pengakuan salah satu tersangka. Yakni IS saat berusaha dikonfirmasi mengatakan, jika perbuatan yang melanggar hukum tersebut baru dilakukan selama tiga bulan terakhir ini. Sedangkan untuk yang menjadi pembeli adalah sopir angkutan umum.

“Baru bang, sekitar tiga bulan terakhir ini. Karena keadaan Covid ini bang. Kalo makek sejak tahun 2019. Bantu kalo ada yang mau. Ngambik dari komplek bang,” singkat IS saat berusaha dikonfirmasi .(man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *