News

Tak Disalurkan BST APBD Lantaran Adanya Berita Acara Dari Desa

LENTERPUBLIK.com – Menindak lanjuti permasalahan salah satu lansia warga Desa Pagar, Kecamatan Ulu Talo yang tak menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dampak Covid melalui dana APBD Kabupaten Seluma. Menurut pihak Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Seluma, lantaran pihaknya telah menerima berita acara dari Kepala Desa Pagar yang menyatakan jika ke tujuh warga Desa Pagar salah sarinya lansia (Nurmina) telah mendapatkan bantuan PKH, BPNT dan BLT Dana Desa.

“Ibu Nurmina yang berasal dari Desa Pagar, sudah diusulkan BLT dampak covid melalui dana APBD. Saat kami melakukan penyaluran menurut keterangan kepala desa yang dinyatakan oleh surat pernyataan bahwa ibu Nurmina telah menerima bantuan BLT Dana Desa. Sehingga kami tidak salurkan bantuan BST dampak covid nya,” terang Plt Kepala Dinsos Kabupaten Seluma, Herman, S. Sos melalui Penanganan Fakir Miskin dan Pemberdayaan Sosial, Herman Susanto, S.Sos saat dikonfirmasi Radar Seluma di ruang kerjanya.

Herman menjelaskan, dengan adanya suratberita acara dari Kepala Desa tersebutlah. Sehingga pihak Dinsos Kabupaten Seluma tidak menyalurkan bantuan BST APBD ke Nurmina. Lantaran menurut pernyataan kepala desa jika yang bersangkutan telah mendapatkan BLT Dana Desa.

“Berdasarkan surat pernyataan dari Kepala Desa Pagar. Kemungkinan sudah menerimpernyataan sudah mea BLT Dana Desa. Karena menyebutkan tidak disalurkan BLT APBD dampak covid nya,” tegas Herman.

Sementara itu, saat berusaha dikonfirmasi Radar Seluma. Kepala Desa Pagar, Herman Suadi di rumah kediamannya mengatakan, jika berita acara yang telah diajukan ke pihak Dinsos Kabupaten Seluma. Bukanlah dirinya yang membuat, melainkan Sekretatis Desa. Terkait dengan ke tujuh nama yang tercantum di berita acara tersebut, salah satunya Nurmina adanya nama yang sama.

“Yang masih jadi pertanyaan kami yang namanya Nurmina dan Nurnina ada dua, semuanya tinggal di Susun 3 ini. Karena suaminya Nurnina (Yasmin) telah mendapatkan bantuan Kabupaten. Diperkirakan itu ganda. Dari pihak keluarga tersebut tidak pernah menghubungi kami selaku pemetintah desa. Kami baru tau ini, setelah adanya Kapolsek dan Radar Seluma menemui kami ini,” tegasnya.

Bahkan terkait dengan BLT Dana Desa Nurmina tidak menerima labtaran telah menerima BST dari Kabupaten. Nurmina juga menurut Kepala Desa telah di usulkan ke Kabulaten Seluma. Akan tetapi sewaktu realisasi Nurmina tidak menjembut bantuan ke Kecamatan.

Hal tersebut sontak, sampai saat ini pwemasalahan tersebut masih menjadi tanda tanya. Terkait dengan adanya ketetangan dari pihak Kabupaten maupun pihak Pemetintah Desa yang saling membantah.(man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *