News

Tingkatkan Kapasitas Jurnalis, Dinkes Kota Bengkulu Selenggarakan Pelatihan

LENTERAPUBLIK.COM – Puluhan Jurnalis di Kota Bengkulu baik lokal maupun nasional mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas pengetahuan jurnalis tentang Covid – 19. Acara ini diselenggarakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu di Aula Kodim 0407 Bengkulu, Sabtu (6/6/2020) sore.

Dalam pelatihan ini, terdapat pemateri dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) salah satunya Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Kominfosan) Kota Bengkulu yang diwakili Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Nugroho Tri Putra M.I.Kom.

Saat menyampaikan materi, Nugroho menyampaikan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Dinas Kominfosan terus memberitakan hal hal yang berkaitan dengan Covid – 19 di Kota Bengkulu.

Baca juga : Bersiap Terapkan New Normal, Dinkes Kota Bengkulu Ajak Terapkan Protokol Kesehatan

“Melalui Gugus Tugas Covid-19, Dinas Kominfosan memiliki fungsi sebagai juru bicara. Tim kami selalu memperbarui informasi informasi yang disampaikan ke publik. Tentu saja informasi yang dikelola salah satunya bersumber dari Dinas Kesehatan,” ujar Nugroho.

Ia juga menyampaikan informasi informasi yang positif dan tidak provokatif adalah karya jurnalistik yang saat ini sangat dibutuhkan. Karena, menurutnya, informasi seperti itu sangat dibutuhkan oleh publik internal dan eksternal.

“Dalam masa pandemi Covid – 19 ini lebih baik kita saling bersinergi dengan memberikan informasi – informasi positif yang lebih mendidik atau mengedukasi tentang Covid – 19, dibanding menjadikan Covid – 19 untuk konten yang menimbulkan konflik atau ketakutan di tengah masyarakat,” tambahnya.

Baca juga : Lebong Dan Rejang Lebong Diusulkan Terapkan New Normal

Begitu juga dengan media, Ia berharap media juga memberikan hak kebutuhan informasi masyarakat melalui pengelolaan informasi yang mencerahkan.

“Kita harus mengelola informasi informasi yang bermanfaat,” demikian Nugroho.

Selain dari Dinas Kominfosan, pada Sabtu sore narasumber yang hadir adalah Kalaksa BPBD Kota Bengkulu Selupati dan Kadinkes Kota Bengkulu Susilawaty. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *